Di Balai Pertanian Alami Galeso, Jaringan Pendidik Petani Alami (JAPPA) Sulawesi Barat Terbentuk

Puluhan penggerak pertanian alami berkolaborasi membentuk Jaringan Pendidik Petani Alami (JAPPA) Sulawesi Barat. Kegiatan dilaksanakan di balai Pertanian Alami yang baru didirikan di Desa Galeso Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. Sabtu 21/8/2021.

Kordinator Kegiatan Musyawarah JAPPA Irwan menjelaskan, JAPPA merupakan salah satu lembaga pertanian alami dan akan berfokus pada proses pegembangan serta pendidikan pertanian alami di Sulawesi Barat.
“Sebelumnya JAPPA telah dibentuk pertama kali sejak september 2019 pada pertemuan petani pendidik di Jeneponto Sulawesi Selatan.”

 

 

Lanjut Irwan, dalam pertemuan tersebut melibatkan pelaku pertanian alami dari provinsi Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan, sehigga cakupan wilayahnya meliputi dua Provinsi.

“Namun sejak tanggal 28 juni 2021, setelah melakukan proses refleksi dan melihat dinamika proses pertanian alami disetiap wilayah yang berbeda, kita bersepakat untuk membentuk pengurus JAPPA khusus Wilayah Sulawesi Barat.”

Lebih Lanjut Irwan yang juga Ketua serikat petani Polewali Mandar menjelaskan gerakan pertanian alami di Sulawesi Barat sudah ada sejak lama. Kemudian Salah satu tujuan dibentuknya JAPPA agar pertanian alami di Sulawesi Barat bisa lebih berkembang kedepannya.

“Tujuan dibentuknya JAPPA karna dibutuhkan suatu lembaga yang konsisten dan komitmen dalam menjalankan kerja kerja pertanian alami yang dikembangkan sejak tahun 2012-2013.”

Dalam kegiatan musyawarah tersebut Awaluddin terpilih sebagai Kordinator JAPPA Sulawesi Barat. /M.Kadhafi

 

*artikel ini telah diterbitkan di https://sureq.co/di-balai-pertanian-alami-galeso-jaringan-pendidik-petani-alami-jappa-sulawesi-barat-terbentuk/ *

ARTIKEL TERKAIT

Pelatihan Pengelolaan Hasil Perkebunan (Komoditas Sereh Wangi) 2021 – KSP Sidomakmur Cilacap

Lowongan Pekerjaan: Staff Kesekretariatan

Dialog Publik dan Diskusi Media

Kertas Posisi Komite Rakyat Untuk Transformasi Sistem Pangan Juli 2021: MENTRANSFORMASI SISTEM PANGAN BERORIENTASI KEDAULATAN PANGAN MELALUI GERAKAN RAKYAT

Kertas Posisi Komite Rakyat Untuk Transformasi Sistem Pangan Juli 2021: MENTRANSFORMASI SISTEM PANGAN BERORIENTASI KEDAULATAN PANGAN MELALUI GERAKAN RAKYAT

Temu Mufakat Jaringan Pendidik Petani Alami Region-Sulawesi Selatan

SPA BUTTA TOA MELANJUTKAN KAYUH GERAKAN PERTANIAN ALAMI DI BANTAENG