UIN Sunan Kalijaga Anugerahi Habib Chirzin Gelar Dr Honoris Causa

Muhammad Habib Chirzin, anggota Pembina Bina Desa, menerima gelar Doktor Honoris Causa (Dr. HC) dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penganugerahan tersebut akan dilakukan di Gedung Prof. RHA. Soenarjo UIN Sunan Kalijaga, Rabu (21/9/2022).

Dilansir dari laman resmi UIN Sunan Kalijaga, penganugerahan gelar kehormatan tersebut diberikan dalam rangka mengapresiasi dedikasi Habib Chirzin dalam mengarusutamakan nilai-nilai perdamaian.

Sebagaimana diketahui, Habib Chirzin adalah orang yang konsisten mengembangkan nilai-nilai perdamaian melalui kegiatan sosial di lapangan, seminar, workshop, dan diskusi baik di dalam maupun di luar negeri.

Tim Penilai Dr. HC tersebut terdiri atas Prof. Dr. M. Amin Abdullah sekaligus sebagai Promotor, Dr. Achmad Zainal Arifin, M.A.,sekaligus sebagai Sekretaris, Prof. Dr. Euis Nurlaelawati, M.A., Prof. Dr. Bermawy Munthe, M.A., dan Prof. Dr. Sangkot Sirait, M.Ag., sebagai Anggota.

Dalam proses penganugerahan, Habib Chirzin membacakan pidato ilmiah berjudul Wacana Baru Perdamaian dan Perlunya Mengarusutamakan Keamanan Manusia. Perhelatan akbar ini mengundang sejumlah Rektor Perguruan Tinggi dan akademisi dari berbagai perguruan tinggi.

Turut hadir pula Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P., Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof. Dr. H. Haedar Nashir, M.Si., Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo, Pimpinan Pondok Pesantren Pabelan Magelang, Pimpinan Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta, dan sejumlah tamu undangan lainnya.

 

Refrensi:

(1) https://nawacitapost.com/artikel/2022/09/18/pembina-utama-dan-pendiri-gmri-kh-muhamad-habib-chirzin-akan-menerima-gelar-doktor-honoris-causa-dari-universitas-islam-negeri-yogyakarta/

ARTIKEL TERKAIT

Kiai Sadrach, Pasamuwan Mardika dan Desa Swabina: Sebuah Refleksi Kemerdekaan

Lowongan: Staf HRD

Lokakarya Kaji Tindak Partisipatif Jaringan Belajar ILEP PLD NTT

Eksaminasi Publik Terhadap Putusan MK Uji Formil UU Cipta Kerja

Forum Pendidikan: Pertanian Alami Sebagai Wujud Nyata Kedaulatan Pangan oleh Serikat Petani Alami (SPA) Butta Toa

Pandangan & Pernyataan Sikap Bina Desa Atas Penindasan Terhadap Warga Wadas Melawan